Senin, 14 April 2014

Arti Salib

Arti Salib
(Matius 27:45-56)
Oleh: Pdt. Kadarusno, M.Th

Pendahuluan
Salib adalah lambang yang dipakai oleh Allah dari  Sorga untuk menyatakan kasih-Nya kepada manusia yang bedosa yang perlu mendapatkan kasih dari Allah.  Tak pernah ada lambang lain yang begitu agung dan mulia dan bermakna tinggi kecuali makna Salib Yesus Kristus.

Paskah itu adalah penggenapan dari kitab PL, dalam bahasa Ibrani Paskah ditulis "pesah" artinya lewat atau lalu.  Malaikat maut yang melewati atau melalui rumah-rumah orang Israel yang diberi tanda darah di palang pintu rumah orang Israel. Kemudian dalam PB setiap orang yang percaya kepada Darah Anak Allah yang Mahatinggi diselamatkan.

Apakah Arti Salib
1. Salib  Menciptakan Perdamaian (45-50)
             Pada prinsipnya bahwa manusia adalah musuh Allah, penyebabnya adalah dosa. Dosa yang menyebabkan manusia musuh Allah. Dosa menjadikan manusia sahabat iblis. karena itu bagaiamanakah kita dapat berdamai dengan Allah? Saliblah tempat perdamaian itu.  Yesus Kristus menjadi satu-satunya Jurudamai yang sejati yang memungkinkan manusia dapat menghadap Allah melalui salib Yesus Kristus manusia berdamai dengan Allah.

2. Salib Menciptakan Persekutuan dengan Allah (51)
               Keberadaan tabir Allah, menggambarkan ketidaklayakan manusia menghampiri Allah. Allah yang Suci, manusia berdosa.  Kemudian Salib Yesus menciptakan persekutuan antara manusia yang berdosa dengan Allah yang suci.  Manusia kemudian dapat bersekutu dengan Allah, berhubungan langsung tanpa harus melalui para Imam dan Nabi dalam PL.

3. Salib Menciptakan Kesejahteraan (55-56)
    Salib tempat pemulihan, Salib tempat kelegaan bagi semua yang merindukan kelepasan.

SELAMAT PASKAH TAHUN 2014
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar