Jumat, 17 April 2015

Penahbisan dan Peresmian Gedung Garu GKII Jemaat Imanuel Sintang

PENAHBISAN DAN PERESMIAN GEDUNG BARU GKII JEMAAT IMANUEL SINTANG

Paskah tahun ini merupakan momen yang bersejarah bagi jemaat Gereja Kemah Injil Indonesia Imanuel Sitang.  Setelah sekian waktu perjalanan pembangunan gedung gereja baru, sejak peletakkan batu pertama yang bertepatan pada RAKERNAS IV GKII Nasional di Sintang pada tahun 2011, akhirnya tiba momen yang sudah lama dinantikan oleh jemaat Imanuel Sintang.  Bertepatan pada perayaan Paskah tahun ini, 4 April tahun 2015 gedung baru GKII Imanuel Sintang dapat ditahbisakan dan diresmikan.

Peresmian gedung gereja Imanuel yang baru oleh Bupati Sintang, Drs. Milton Crosby, M. Si.,  berjalan sesuai dengan rencana panitia yang juga merupakan rangkaian dari kegiatan Paskah yang dilaksanakan pada tahun ini.  Pdt. Sebinus Luther, M. Th., yang adalah Sekretaris Umum GKII Pusat di Jakarta hadir dalam peresmian tersebut sekaligus memimpin upacara penahbisan gedung baru GKII Imanuel Sintang.  Dimulai dengan acara penahbisan gedung gereja, Pdt. Sebinus Luther, M. Th., bersama dengan gembala sidang GKII Imanuel Sintang, Pdt. Kadarusno, M. Th., dengan didamping oleh para pendeta lainnya, Pdt. Ismail Muntik, S. Th. (Ketua Daerah GKII Sintang), Pdt. Chau Simen, MA. (Gembala GKII Bethel Sintang / Ketua PGI Sintang), Pdt. Musa Mulyadi, S. Th., (Ketua Komisi Misi Daerah GKII Sintang) memanjatkan doa syukur dan ucapan berkat atas rumah Tuhan dan atas jemaat Imanuel Sintang.  

Setelah upacara penahbisan oleh para pendeta, dilanjutkan dengan peresmian oleh Bupati Sintang, bapak Drs. Milton Crosby, M. Si., yang ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian gereja dengan disaksikan oleh segenap jemaat dan undangan yang hadir pada saat itu.  Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Bapak DANDIM Sintang beserta hamba-hamba Tuhan, gembala sidang, Badan Pengurus Jemaat dari gereja-gereja sahabat.  Penandatanganan prasasti juga oleh Pdt. Sebinus Luther, M. Th., selaku Sekretaris Umum GKII Pusat bersama dengan Pdt. Kadarusno, M. Th., selaku gembala sidang GKII Imanuel Sintang.   Upacara penahbisan dan peresmian diakhiri dengan pengguntingan pita oleh ibu Bupati Sintang, Ny. Katty Evelina, S.Sos.  Setelah pengguntingan pita, segenap jemaat memasuki gedung gereja untuk melanjutkan ibadah.

Ibadah berlangsung dengan penuh hikmat.  Pujian-pujian dinaikkan kepada TUHAN yang telah memberi kasih karunia atas pembangunan gedung baru tersebut.  Lagu-lagu dari Nyanyian Kemenagan Iman dinaikkan ke hadiratNya dengan penuh rasa syukur dan sukcaita menghadirkan suasana penuh keagungan dalam sepanjang ibadah dilangsungkan.  

Khotbah disampaikan oleh Pdt. Sebinus Luther, M. Th, dengan nats Firman Tuhan dari Mazmur 26 : 8, dan dari Matius 9 : 35 dengan tema : "Fungsi Spiritual Rumah Tuhan".  Dalam uraian khotbah tersebut disampaikan 4 Fungsi Spiritual Rumah Tuhan / Gereja :
  1. Sebagai Tempat untuk Berdoa kepada ALLAH
  2. Sebagai tempat orang Mencari dan Menemukan TUHAN.
  3. Sebagai Tempat orang Berdosa Menemukan Pengampunan
  4. Fungsi Gereja menurut Pengajaran Tuhan Yesus:
  • Gereja sebagai tempat untuk mengajarkan Firman Tuhan kepada banyak orang
  • Gereja sebagai tempat untuk memeberitakan Injil
  • Gereja sebagai tempat untuk menyembukan dan memulihkan orang yang lemah.
Setelah rangkaian ibadah selesai, acara dilanjutkan dengan Laporan dan sambutan-sambutan.  Pertama-tama Laporan Panitia Penahbisan dan Peresmian Gedung GKII Imanuel Sintang, oleh ketua Panitia, Bp. Selimin, M.Si, dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Pembangunan, Bp. Kompol Mangirin Pasaribu.  Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang secara berurutan disampaikan gembala Sidang GKII Imanuel Sintang, Pdt. Kadarusno, M. Th, mewakili BPP GKII Pusat oleh Sekretaris Umum, Pdt. Sebinus Luther, M. Th., dan terakhir oleh bapak Bupati Sintang, Drs. Milton Crosby, M.Si.  Seluruh rangkaian Penahbisan, Peresmian dan Ibadah dapat berjalan dengan baik. Pada akhir dari semua acara yang berlangsung Panitia menghidangkan jamuan kasih bagi seluruh undangan serta jemaat yang hadir.
Pujian dan syukur hanya kepada Kristus sebagai Kepala Gereja, yang olehNya umat manusia mendapatkan pengampunan dosa dan beroleh keselamatan kekal di dalam sorga yang abadi.  Oleh kasih karuniaNya, kiranya gedung gereja dan umatNya dapat menjadi alat dalam tanganNya untuk terus memberitakan Injil Kerajaan Allah bagi dunia, secara khusus bagi kota Sintang.  IMANUEL.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar